Hari Santri hanya Sekadar Memakai Baju Muslim?



Sekarang ini, sejak 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional pada tahun 2015 lalu, hari itu menjadi refleksi bagi golongan santri dan bangsa untuk mengingat kembali sejarah perjuangan kaum pondok pesantren dalam berjuang melawan penjajah.

Hari santri mengingatkan kita kembali akan pentingnya peran santri dari zaman ke zaman, sejak zaman penjajahan hingga sekarang. Pada era modern-kontemporer sekarang ini, santri ikut andil dalam mengelaborasi, mempertemukan antara ilmu Islam murni dan ilmu pengetahuan atau sains. Hari Santri Nasional memiliki arti dan yang penting bagi kalangan santri sendiri dan segenap elemen bangsa.

Makna yang terkandung dalam Hari Santri Nasional saat ini rupanya belum mencapai batas. Contohnya saja yang diakukan di SMA N 1 Patis kemarin, peringatan hari Santri Nasional siswa-siswinya  hanya memakai pakain muslim yang sopan dan rapi.

Seharusnya dalam memperingati hari Santri Nasional  banyak hal yang dapat dilakukan selain dengan memakai pakaian muslim . Karena jika hanya memperingati dengan memakai pakaian muslim saja  makna yang dapat diambil hanya sebatas pengetahuan saja bahwa hari ini adalah hari Santri Nasional .Tidak ada aplikasi nyata dalam kehidupan.

Hal lain yang semestinya dilakukan yaitu dengan mengisi acara dengan sholawatan, ngaji bersama, tausiyah-tausiyah, dan lomba-lomba yang berbau islami. Sebenarnya ada materi sedikit dan itu dilakukan dengan berdiri. Banyak anak yang mengeluh karena panas, berdiri lama, dan lain-lain.

Untuk menindak lanjuti peringatan hari Santri Nasional seharusnya pihak osis maupun rohis harus aktif dalam mengisi kegiatan, biar semua oeang muslim di SMA N 1 Pati tidak merasa bosan. Karena dari tahun ke tahun pasti tidak ada kegiatan hanya mengenakan pakaian muslim  saja.

Hal tersebut seharusnya dapat menjadi contoh untuk memperingati hari Santri Nasional ditahun yang akan datang.Bahwa peringatan hari Santri Nasional tidak cukup hanya dengan memakai pakaian muslim.Harus ada tindakan-tindakan yang dilakukan supaya makna dari hari Santri Nasional ini begitu berguna bagi orang-orang beragama islam  di SMA N 1 Pati.

Dengan demikian, Hari Santri Nasional memiliki arti, makna dan filosofi yang bukan hanya diperingati secara euforia atau seremonial belaka, tetapi menjadi momentum untuk refleksi yang kemudian menjadikan dasar refleksi itu untuk berbenah dan terus meningkatkan kualitas di bidang isalmi siswa-siswi di SMA N 1 Pati.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment