Biologi Sebagai Mata Pelajaran Pilihan Paling Diminati di Ujian Nasional



Sejak 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengeluarkan surat edar terkait Ujian Nasional. Khusus untuk siswa SMA, mereka bisa memilih sendiri salah satu mata pelajaran yang diujikan di UN. Tetapi siswa masih tetap mengerjakan mata pelajaran wajib yakni matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa inggris.

Ada pun mata pelajaran tambahan lainnya bisa dipilih sendiri oleh siswa. Untuk siswa jurusan IPS, mereka bisa memilih di antara geografi, sosiologi, atau ekonomi. Kemudian untuk siswa IPA, mereka bisa memilih fisika, kimia, atau biologi. Selanjutnya adalah jurusan bahasa, mereka bisa memilih antara antropologi, sastra Indonesia, dan bahasa asing (Mandarin, Jepang, Arab, Jerman, atau Perancis).

Dengan keluarnya surat edar berkaitan dengan Ujian Nasional ini, otomatis seluruh SMA di Indonesia harus mengikuti kebijakan pemerintah yang telah di berlakukan, tak terkecuali dengan SMA N 1 Pati. Tahun ini merupakan tahun ketiga diberlakukannya sistem ini terhitung sejak dikeluarkannya surat edaran tersebut.

Biologi adalah mata pelajaran pilihan terfavorit untuk siswa  jurusan IPA di SMA N 1 pati. Kita ambil sample saja dari daftar pilihan mapel UN di XII IPA 1. Mayoritas memilih Biologi, disusul dengan fisika, dan yang terakhir kimia yang hanya diminati satu orang saja.

Biologi dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup dapat dikuasai oleh sebagian orang. Di tambah lagi dengan pengalaman Ujian tahun lalu, pemerintah mengeluarkan soal HOTS (higher older thinking skills) yang cukup membuat siswa kesulitan. Pemerintah rencananya akan kembali mengeluarkan soal HOTS di tahun ini.

Menurut pemerintah, soal HOTS ini akan mengembangkan daya nalar bagi siswa. Tidak hanya itu saja pemerintah juga berharap agar para siswa dapat lebih kreatif dan juga berfikir kritis. Tidak hanya berpacu dalam rumus-rumus hafalan saja.

Maka dari itu, banyak siswa yang memilih main aman dengan memilih biologi sebagai mata pelajaran pilihannya. Biologi yang merupakan mata pelajaran dengan bermodal hafalan dan juga pemahan akan lebih mudah di bandingkan kimia dan juga fisika yang harus menghafal dan juga memahami rumus.

 Tetapi itu semua kemballi kepada individu masing-masing. Pada dasarnya semua siswa pasti bisa mengerjakan soal biologi atau fisika atau pun kimia asalkan siswa itu mau bersungguh-sungguh dalam belajarnya. (KMPA-red)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment