Antusiasme Peringatan Sumpah Pemuda



Tanggal 28 Oktober merupakan momentum bersejarah dimana seluruh pemuda di Indonesia memperingati hari sumpah pemuda. Momen Sumpah Pemuda mengingatkan kepada semangat pemuda di masa perjuangan bangsa Indonesia dalam menumbuhkan jiwa kesatuan dan persatuan bangsa yang sebelumnya masih terpecah belah dalam memperjuangkan daerahnya masing – masing.

Bukan hanya sekadar seremonial belaka, akan tetapi masyarakat di daerah - daerah turut berbondong – bondong untuk memperingati hari sumpah pemuda dengan berbagai acara yang menggugah persatuan dan kesatuan bangsa. Sama halnya di SMA Negeri 1 Pati yang akan memperingati hari sumpah pemuda pada tanggal 26 Oktober 2018 dengan berbagai macam perlombaan antarkelas yang bertujuan untuk menggali potensi siswa dan menumbuhkembangkan kesatuan bangsa di kalangan siswa.

Acara tersebut mendapat tanggapan positif di kalangan para siswa dan guru SMA Negeri 1 Pati. Pada acara tersebut, para siswa dan guru SMA Negeri 1 Pati harus mengenakan pakaian adat seluruh Indonesia yang menandakan bahwa Indonesia itu satu tanah air Indonesia. Antusiasme acara peringatan sumpah pemuda dirasakan oleh sebagain besar siswa SMA Negeri 1 Pati. Tetapi tidak jarang juga siswa yang masih menyepelekan acara peringatan sumpah pemuda tersebut. Banyak siswa yang berpikiran untuk membolos dan tidak mengikuti acara karena mereka berpikiran bahwa acara itu hanya membuang – buang waktu saja dan membuat mereka merasa lelah.

Tidak hanya itu, banyak siswa yang memilih tidak berangkat ke sekolah dengan alasan tidak memiliki baju adat atau dengan alasan ingin tidur di rumah. Hal tersebut menandakan bahwa semangat para pemuda di jaman milenial sekarang sangat memprihatinkan. Bahkan tidak jarang siswa yang mengikuti perlombaan dikarenakan dengan paksaan.

Bagaimana negara kita akan maju dengan pemudanya yang seperti ini ? Kemerdekaan Indonesia hingga Sumpah Pemuda bukan hal yang sepatutnya disepelekan. Mengingat perjuangan para pahlawan yang begitu beratnya dan tugas pemuda sebagai generasi bangsa sekarang hanyalah menjaga dan mengembangkan. Negara tidak akan maju jika pemudanya masih menyepelekan apa yang telah diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu. Bukan hanya cerdas, kreatif dan inovatif yang harus dimilik oleh pemuda jaman milenial ini, tetapi juga sikap menghargai, prihatin dan berpikir kritis harus dimiliki oleh para pemuda.

Acara peringatan Sumpah Pemuda tahun 2018 di SMA Negeri 1 Pati sangat menarik dan kreatif. Perlombaannya yang bervariasi dapat menarik minat siswa untuk ikut serta berpartisipasi. Peraturan absensi berangkat dan absensi pulang juga dapat membuat siswa tidak lagi beranggapan untuk membolos atau sejenisnya.

Perlombaan yang terdiri dari beberapa tim dari gabungan kelas X, XI dan XII dapat menumbuhkan keakraban antar angkatan. Hal tersebut sudah termasuk dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi siswa sebagai bagian mengamalkan nilai – nilai sumpah pemuda.

Sebagai pemuda generasi penerus bangsa sudah sepantasnya ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan membuat Indonesia lebih maju dengan ide – ide kreatif yang dapat dikembangkan dari para pemuda bahkan anak – anak. Sudah seharusnya untuk mulai mengasah bakat dan potensi dalam diri guna mewujudkan cita – cita untuk mencapai kesejahteraan dan menjadikan Indonesia lebih baik dari sekarang. Hal tersebut dapat dilakukan oleh anak muda salah satunya dengan turut serta memperingati Sumpah Pemuda.(RA)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment