Makalah Agama Islam : Bab Pernikahan


BELUM MENDAPAT KETURUNAN PEMICU PERCERAIAN

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Pernikahan merupakan ikatan suci antara dua insan manusia untuk bersatu membina keluarga hingga maut memisahkan. Sekarang ini banyak pasangan yang memutuskan bercerai karena dirasa sudah merasa tidak ada kecocokan lagi ataupun disebabkan oleh masalah lainnya. Perceraian memang boleh dilakukan, tetapi perceraian juga dibenci Allah SWT. Kami akan membahas mengenai pasangan yang belum mendapat keturunan.

1.2  RUMUSAN MASALAH

1.      Apa faktor penyebab belum bisa mendapat keturunan?

2.      Bagaimana cara mengantisipasi perceraian karena belum mendapat keturunan?

1.3  TUJUAN

1.      Mengetahui faktor penyebab belum mendapatkan keturunan.

2.      Mengetahui cara .mengantisipasi perceraian karena belum mendapat keturunan.

1.4  MANFAAT

1.      Dapat Menghindari Segala Kemungkinan Akan Penceraian

2.      Agar Dapat Merencanakan Masa Depan dalam Hal Keturunan



BAB II

PEMBAHASAN

Ketika usia pernikahan mulai bertambah, kehadiran anak memang ditunggu-tunggu untuk menghidupkan dan meramaikan kembali keluarga kecil mereka. Dan masalah akan terjadi apabila kehadiran anak ini tidak kunjung datang, hal inilah yang menyebabkan ketidakharmonisan dalam hubungan rumah tangga terjadi. Banyak pasangan yang saling menyalahkan bahkan menggunakan jalur perceraian untuk dapat lari dari kasus ini. Setelah bercerai, si laki-laki akan menikahi wanita lain dan si wanita akan dinikahi laki laki lain untuk bisa mendapat keturunan dari pasangannya masing masing. Berikut adalah beberapa faktor penyebab sulit hamil :

·         Stress

·         Terlalu banyak makan junk food (meningkatkan risiko gangguan ovulasi)

·         Penyakit  (diabetes, masalah tiroid, kanker, dan penyakit kronis lainnya). Tubuh akan mengalami kesulitan dalam melakukan ovulasi karena terlalu lemah

Untuk mengatasi masalah ini, harus ada penyikapan dengan bijak oleh suami dan istri. Bisa dengan menghubungi konsultan rumah tangga untuk solusi mendapatkan anak. Atau jika sudah mentok dan dimungkinkan untuk mengadopsi anak, hal ini bisa menjadi solusi agar tidak terjadi proses perceraian.



BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Pernikahan merupakan ikatan suci antara dua insan manusia untuk bersatu membina keluarga hingga maut memisahkan. Sehingga , sangat tidak elok rasanya apabila ada penceraian dengan dalil belum mempunyai keturunan. Banyak cara untuk memiliki keturunan dengan memanfaatkan Bayi Tabung dengan catatan tidak dititipkan ke Rahim ibu lain, ataupun mengadopsi. Mengadopsi anak lebih dianjurkan walaupun ada ketentuan tertentu yang harus ditaati agar tidak bertentangan dengan Syariat Islam. Oleh karena itu , jangan terburu-buru untuk “pisah” karena rencana Allah SWT jauh lebih indah daripada rencana makhluk-Nya

3.2 SARAN

Dalam kehidupan berumah tangga, seringkali tertimpa banyak masalah yang harus dapat diselesaikan oleh setiap pasangan sebagai pembelajaran menuju kedewasaan hidup. Perceraian bukan jalan yang terbaik untuk mengatasi masalah. Hindari perceraian karena Allah SWT benci itu meskipun diperbolehkan dalam Islam. Untuk dapat mencapai suatu keinginan hendaklah selalu berdoa dan tawakal kepada Allah SWT.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment