Di balik Sang Troublemaker

Judul Novel                 :  miss Jutek
Pengarang                   :Yennie Hardiwidjaja
Penerbit                       : Gagasmedia
Tahun terbit                : Agustus 2004
Tempat terbit              : Jakarta
Tebal                           : 466 halaman
Resensi Oleh               : Ririn Anjarwati
Novel yang berjudul miss jutek ini bergenre teenfiction, bertemakan keluarga dan kehidupan sekolah yang menceritakan konflik remaja seperti pada umumnya. Novel ini mampu membawa pembaca larut dalam cerita dari satu konflik ke konflik lain yang menegangkan dan membuat pembaca tak akan menduga jalan cerita yang sebenarnya.
Di dalam novel ini dikisahkan seorang mahasiswa yang dulunya kuliah di luar negeri terpaksa pindah ke jakarta. Ia sangat terkenal karena nama belakangnya yang membuat orang merinding mendengarnya. Ia bernama Salma Dirgawijaya. Kehidupannya dikelilingi oleh kebohongan pan penuh intrik licik orang – orang di sekitarnya demi mendapatkan semua harta sang Dirgawijaya. Gaya hidupnya seakan berubah drastis dari seorang salma yang bersikap manis, menjadi Salma sang troublemaker. Ada juga dikisahkan seorang gadis bernama Pingkan dengan sifat polos dan cerewetnya menjalin hubungan backstreet dengan Lukas. Selain itu dikisahkan juga sang Dewa Cinta bernama Bernand yang sifatnya hampir sama jeleknya dengan Salma. Ada juga cerita cinta dari seorang Ethan sang pangeran muka pucat yang mencintai Salma dengan tulusnya dibalik semua masa lalu Salma.
Dalam Novel ini dikisahkan konflik – konflik yang terjadi antartokoh. Disuguhkan dengan kisah yang menyedihkan, tapi tidak mengurangi kualitas novel tersebut. Misalnya, Salma yang merasa terpuruk akan kenyataan dibalik keluarganya yang harmonis di hadapan publik. Semuanya bagaikan topeng yang menyembunyikan wajah asli dari ibu dan saudara tiri Salma. Dirinya sempat stress ketika ia mendengar bahwa sang ibu yang begitu menyayanginya meninggal dunia setelah mendengar kabar mengenai dirinya yang dijebak oleh Andri dalam pesta terlarang. Kenyataan itu membuatnya diselimuti rasa ingin balas dendam terhadap apa yang dialami ibunya hingga meninggal. Semua sikap manis yang dimiliki oleh Salma hilang seketika tergantikan oleh sifatnya yang nyolot, suka berkelahi dan sombong.
Dikisahkan pula sosok Pingkan yang menjadi sahabat Salma di universitas Juara Abadi. Sosok Pingkan yang pendiam dan sering sekali dibully membuat Salma ingin menjadi sahabat Pingkan. Mulailah kisah persahabatan mereka, Pingkan yang cerewet dan Salma yang terkesan bodo amat. Mereka saling melengkapi satu sama lain selama bersahabat. Dimulai dari pertama kali Salma melihat Pingkan yang selalu duduk sendirian saat kelas berlangsung dan pada saat itu pula dia sengaja mengatur jadwal kuliahnya sama persis dengan Pingkan. Mengingat dia anak dari seorang Dirgawijaya semuanya seperti mudah untuk berbuat apapun. Pingkan yang merasa aneh dengan Salma, terlebih lagi Salma mampu menghadapi transparan sang preman yang sangat ganas dan ditakuti siapapun. Emosi Salma yang sangat sulit dikendalikan membuat transparan babak belur dan hampir saja kritis jika tidak ada Ethan yang bisa mengendalikan Salma.
Sikap Ethan yang ramah membuat banyak wanita yang berada di sekitarnya terkesan terbawa perasaan terhadapnya hingga Pingkan juga terkadang meleleh dibuat oleh Ethan. Wajah tampan dengan ciri khas tersendiri itu membuatnya berkharisma dan meluluhkan banyak hati wanita tetapi tidak dengan Salma yang terkesan cuek. Peran Ethan dalam kehidupan Salma sangatlah membantu Salma dalam hal apapun. Semua yang ada pada Salma hanya Ethan yang mengetahuinya dan mampu mengendalikan Salma.
Rencana Salma ingin balas dendam akan kematian sang ibu pun dilakukannya. Sosok Andri yang merupakan masa lalu kelam bagi Salma mendekam di penjara dengan sangat mulus. Dendamnya terbalaskan hingga keluarga Andri pun seakan ikut hancur menanggung malu karena dibalik sikap Andri yang terkesan alim ternyata menyimpan sebuah rahasia kelam akan kehidupan liar di luar sana.
Kehidupan keluarga Dirgawijaya benar – benar hancur di luar dugaan. Ibu tiri Salma hanya memanfaatkan harta Dirgawijaya begitu juga dengan michelle saudara tiri Salma yang sedang mengincar Ethan. Bayangan keluarga harmonis hanya menjadi mimpi buruk bagi Salma untuk saat ini. Hidupnya sudah melampaui kata hancur. Mungkin Pingkan bisa memberi warna dalam kehidupan Salma dengan segala celotehan panjang yang keluar dari bibir tipisnya. Seiring berjalannya waktu Salma benar – benar menyayngi Pingkan seperti keluarganya hingga hubungan Pingkan dan Lukas meregang karena Pingkan yang mulai suka dengan Bernand yang akhir – akhir itu mengiriminya buket bunga. Hubungan Pingkan dan Lukas benar – benar berakhir dan Lukas mulai dekat dengan Salma. Sangat mengejutkan mendengar kata dekat antara Lukas dengan Salma karena selama ini mereka selalu bertengkar kapanpun itu. Dan karena Lukaslah Salma berubah menjadi lebih baik dan mulai bisa mengontrol emosinya. Tapi Pingkan yang mengetahui itu juga mulai membenci Salma dan salah paham akan semuanya. Akan tetapi semua tidak berlangsung lama karena sahabat sejati pasti akan saling mengerti.
Berbagai konflik kehidupan dialami oleh Salma. Dari dia yang diracuni oleh Clara mantan Ethan hingga kritis di rumah sakit. Bukan hanya itu, tetapi banyak juga orang yang ingin mencelakai Salma sang pewaris semua harta Dirgawijaya. Kejadian itu bermula saat natal yang mengharuskan Ethan untuk terbang ke luar negeri merayakan natal dengan keluarganya disana. Salma yang mendapat sms misterius itu mencoba untuk menghubungkan semua potongan puzzle yang terus memenuhi otaknya dan menuju ke Ethan. Langkahnya dengan cepat menuju ke Bandara tapi tak ada Ethan disana lalu dia memutuskan untuk pulang tapi malang, ada orang licik yang telah menembaknya hingga dia kritis tak sadarkan diri di rumah sakit. Ethan mencari – cari siapa dalang dibalik semua ini dan sangat tak terduga jika yang melakukan semua ini adalah Nusajaya paman Salma sendiri yang berambisi ingin menguasai harta Dirgawijaya.
Dibalik semua konflik menegangkan yang terjadi ada kisah cinta manis dari Salma yang menyadari kalau orang yang selama ini dia cintai adalah Ethan. Berawal dari Salma yang memutuskan ke luar negeri dan membuat sebuah situs friendship curhat dan Ethan yang mengikuti situs mukapucat sesuai dengan julukan Salma ke Ethan. Dan Ethan yang memutuskan untuk menyusul Salma ke luar negeri dan semuanya berakhir manis. Ethan dan Salma yang saling mencintai dan semuanya sudah berakhir.
Buku ini memiliki keunggulan dari segi cerita karena penulis mampu membuat pembaca merasa ketagihan dan tidak bosan jika membaca cerita ini. Beragam konflik yang membumbui cerita ini mampu membuat pembaca menyelami lebih dalam cerita ini. Penggambaran tokoh – tokohnya menambah nilai plus tersendiri. Hanya saja tata tulis dari novel ini yang terlalu banyak menggunakan titik di tengak kalimat dan juga capslock dapat membuat pembaca juga malas untuk membaca tulisannya yang terkesan kurang rapi untuk dilihat.
Terlepas dari kelemahan – kelemahannya, novel ini juga memberikan manfaat berupa kesimpulan amanat yang mengajarkan kita untuk tetap kuat dalam menjalankan kehidupan kita yang penuh dengan berbagai konflik. Novel ini cocok untuk dibaca para remaja.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment