Panduan membangun PC rendering video dan 3D



     



Banyak yang berspekulasi kalau "Spesifikasi terbaru itu selalu lebih baik", sebenarnya sah sah saja tergantung kebutuhannya apa dulu, untuk gaming? sangat sah dan sayapun setuju dengan statemen tersebut khususnya di platform Windows dimana setiap beberapa tahun selalu mengikuti perkembangan teknologi sekarang (dibaca: kekinian, terbaru, hype, hemat energi) Tapi pertanyaanya selanjutnya: apakah berlaku untuk editing/rendering video?

            Rancu dan membias memang tapi inilah kenyataan, saya akan beberkan beberapa cerita based on true story dari saya maupun teman" seprofesi, semua dimulai dari banyaknya keluhan di dunia maya maupun didunia nyata untuk user GeForce GTX Titan X/1080/1070/1060/980ti/970/960, kenapa saat editing/rendering khususnya di program Adobe CS6/CC menggunakan Cuda/Unsupported RayTracing status di GPU Usage hanya 5-11% dan render terasa lambat sekali padahal sistem spesifikasi sudah besar?

            Meskipun pada akhirnya ada updates dari opreker untuk mengoprek beberapa setting file dari adobe dan hanya menaikan sampai 33% tapi tetap performa accelerate renderingnya tidak terasa cepat sama sekali sehingga sangat lambat dan membebankan kinerja CPU, ini terjadi pada maxwell dan pascal karena:

1. nVIDIA memang menghilangkan kemampuan kalkulasi double precision FP64 di Maxwell & Pascal supaya lebih hemat daya, boost lebih tinggi, makin kenceng buat gaming tapi loyo buat kerja design.

2. Single precision FP32 tidak dikebiri yang dikebiri performanya adalah Double precision FP64 pada maxwell dan pascal, makanya adobe tidak mengeluarkan official support compatible GPU card untuk maxwell dan pascal(kecuali Adobe Illustrator sdh official support untuk maxwell card) untuk rendering msh dipegang fermi (GTX 570 dan GTX 580) sebenarnya cmn untuk file resolusi FHD keatas terhalang memory yg maksimal 3GB, sementara kepler sdh ada yg menggunakan memory 4GB sampai dengan 6GB(GTX670,680,770,780,titan, black) apalagi double precision FP64 di GTX titan X GM200 dikebiri jadinya buruk untuk rendering thats why Adobe GPU requirement doesnt support for maxwell and Pascal, kembali ke hukum alam: "kinerja besar=energi besar" and thats why AMD Radeon power consumption tidak pernah lebih irit dari nVIDIA GeForce karena AMD Radeon tidak memangkas performa openCL untuk render, jadi gaming ok render by openCL ok. Jenis pattern dan kebutuhan 1. Kebutuhan rendering Video, Color Grading, Preview, dll Ini referensi kenapa GPU rendering jaman sekarang lebih cepat dan kualitas rendernya sama dibandingkan render via CPU tok, referensinya:  



Sebenarnya dari video https://youtu.be/jgbi_HA_pOw (Geforce GTX 1080 poor preview and render speed by CUDA) dan di youtu.be/IvxCDp9ww9k (radeon RX480 smooth preview and render speed by OpenCL) sudah cukup mewakilkan render CPU tok(software) sama render openCL RX480 hasilnya kelihatan beda tipis render by CPU and GPU, dan kalau dijabarin kenapa harus Geforce kepler/fermi tapi AMD bisa semua seri terlalu panjang bisa googling kenapa Maxwell tidak ada support (baik default maupun oprek spy GPU usage bs 20% keatas) sampai Pascal(karena masih baru) alias tidak optimal sementara dengan OpenCL nya AMD semua seri tidak ada masalah.

3. Kebutuhan rendering 3D, 4D, sketch dan deep learning Referensi silahkan googling dengan keyword, soalnya terlalu banyak artikel dan intinya ada 2 kebutuhan juga: * Render blender, photosrealism [pakai cycles] yang paling dibutuhkan saat render itu GPU CUDA/OpenCL [Quadro/FirePro lebih baik]. * Render NPR, blender internal, iRay/vray/Mentalray/Octane/scanline yang di butuhkan CPU + RAM karena GPU hanya sbg viewport jadi tinggal disesuaikan saja mau kearah mana [Xeon dan ECC RAM lebih baik]. * Render Vray RT = CPU + GPU, kalo edit di Viewport itu GPU (rekomendasi pakai quadro/firepro untuk render 3D seperti 3dsmax, octane dan lumion sudah mengeluarkan update support GTX Pascal 10xx lebih unggul di "windows", tapi diluar 3 software itu masih kalah telak sama kakaknya "kepler seri 7" Titan black/titan/780ti baik 3D render, blender, video, preview dan davinci resolve * Deep Learning = CPU multicore + big RAM + GPU GTX 7xx, 9xx, 10xx + big storage

4. Note To Remember Perlu diingat seiring berjalannya waktu sekarang sudah 2016 render 3D dengan program autodesk, cinema 4D, boxx, CAD, Maya dan software 3D lainnya sudah mendukung akselerasi GPU itu sebabnya render 3D menggunakan Quadro/Tesla/FirePro jadi bisa memilih render CPU tok atau CPU+GPU. Dan sekali lagi NO OFFENSE buat yang masih berpikiran render video dan 3D dll lebih cepat hanya CPU tok dan GPU hanya untuk viewport/output/jalanin plugin berat2, tidak salah juga jika anda masih hidup dibawah tahun 2010 ini artikelnya: http://archive.kaskus.co.id/thread/...

5. Keynote

* PC Photo Editing: CPU + GPU(onboard cukup kalau bisa tambahan lebih baik) + RAM + HDD/SSHD(SSD tidak wajib dan bila perlu)

* PC Video Rendering: CPU (i5 i7 atau Xeon lebih baik karena ECC support, makin banyak cores makin besar clock lebih baik) + GPU(geforce fermi/kepler 5xx, 6xx, 7xx, Titan polos/black atau Radeon HD 5770/5870/6870/7870/280x/380x)+ RAM (makin besar kapasitas dan clock lebih baik) + SSD(wajib, kalau bisa lebih besar lebih baik) + Processing GPU tambahan (Blackmagic card/AVID Mojo/Red Rocket kalau ada lebih baik lagi)

* (Updated) PC 3D Rendering: CPU (Xeon lebih baik karena ECC support, makin banyak cores makin besar clock lebih baik) + RAM(makin besar kapasitas dan clock lebih baik) + SSD (wajib) + GPU (Consumer grade: GTX 9xx, GTX 10xx, GTX Titan X / Kelas Workstation Quadro/FirePro karena support ECC memory)

Penjelasan lebih dalam untuk GPU card rendering, lebih baik mana GeForce atau Quadro?

Faktanya sudah menjadi rahasia umum khususnya nVIDIA, GeForce dan Quadro sebenarnya menggunakan board dan layoutnya sama dan hampir semua komponen nya persis, yg membedakan di chipset, resistor, firmware dan driver terbukti disini perbedaanya: http://www.overclock.net/.../videocardz-nvidia-geforce... Dalam hal editing dan rendering video butuh performa single precision FP32 (single precision) + double precision FP64(quadro/tesla/firepro) kecuali untuk komersil dan budget tidak terbatas bisa combine pakai quadro+geforce tidak masalah, terbukti sy render efek blur paling berat di davinci resolve dengan Quadro K5000 hanya mampu FPSnya realtime sebanyak 20 frame sedangkan dengan GeForce GTX Titan sy bisa mendapatkan 24-26 frame dan FPS realtime. Patokan cuda cores semakin besar semakin bagus tidak berlaku untuk render video karena yg berperan penting adalan chipset(fermi, kepler, tesla), FP 32/64 dan lebar bit memory bus(384/512/768bit). Sedangkan untuk rendering 3D membutuhkan performa double precision karena lebih rumit, detail dan menguras banyak resource dan kemampuan compute algoritma untuk render ribuan sampai jutaan polygon dan butuh color bit sedalam 10bit untuk keakuratan warna dan ketajaman warna kecuali khusus aplikasi 3D sekelas 3Ds max dan FStorm render mereka memakain single precision FP32 sebagai rendering.

* GPU card locked for gaming and rendering w/ single precision = GTX Fermi/Kepler dan all Radeon series chipset. * GPU card unlocked for gaming and rendering w/ single and double precision = GTX TItan/Black dan all Radeon series chipset. * GPU card locked for gaming w/ single precision = GTX Titan X/Pascal * GPU card locked for 3D rendering w/ double precision = Quadro/Tesla/FirePro.

Untuk harga? sudah pasti tau lebih mahal yang mana, ada harga ada kualitas, ada prestasi ada kelas, kalau masih bermindset render hanya CPU tok ngga akan laku Geforce/Radeon seri tinggi dan Quadro/Firepro yang harganya sekelas motor/mobil, dan prinsip “ada harga ada kualitas”sangat berlaku di dunia editing karena profit yang dihasilkan juga begitu besar.
Sekian dulu pembahasannya , next tutorial is ready for you
Previous
This is the oldest page

2 komentar

Click here for komentar
danni malik
admin
August 20, 2017 at 11:31 AM ×

Sangat bermanfaat nih buat para pemula

Reply
avatar
Thanks for your comment