Cara mengatasi “Windows Script Host Access Is Disabled” #Windows 10






Akhir-akhir ini setelah beberapa lalu admin posting aktivasi, banyak juga yang mengalami hal yang sepenuhnya cukup mengganggu. dimana ketika kita masuk command prompt lalu mengetik perintah script host maka tiba - tiba muncul pesan error ditandai dengan keterangan “ Windows Script Host Access Is Disabled On This Machine”.

Kasus ini cukup menghambat kinerja karena desktop kita dibatasi akses host nya, sehingga kita tidak dapat melakukan hal-hal advanced seperti mengecek aktivasi, menginput lisence key, memasukan syntax/script penting pada command prompt kita disaat yg kita butuhkan https://www.facebook.com/images/emoji.php/v9/fce/1/18/1f642.png:).

Perlu kalian ketahui pula, hal ini terjadi dikarenakan system yang corrupt, injeksi virus, atau hak akses pada host script di disable oleh antivirus.

Langsung saja kita ke step by step nya :

  • tekan tombol Logo Windows + R lalu ketik regedit , atau bisa juga masuk ke start menu langsung saja ketik regedit kemudian klik kanan pilih run as administrator #hal ini sama / dapat dilakukan langsung pada bar search di windows 10.
  • setelah itu terdapat list atau susunan regkey kalian dapat memilih sebagai berikut :

HKEY_CURRENT-USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Setting

  • lalu pada field kosong yg luas disebelah kanan kalian dapat mengklik kanan pilih New > DWORD (32 bit) Value
  • Setelah itu rename dengan nama Enabled lalu klik kanan pada key yang kita buat pilih modify , dan isi value data menjadi 1.
  • Lalu close registry editor tersebut dan coba dengan membuka command prompt , lalu kita ketik : slmgr/xpr
  • Jika tidak berhasil maka silahkan restart dekstop kalian dan coba kembali https://www.facebook.com/images/emoji.php/v9/fce/1/18/1f642.png:).



Jika kalian tidak bisa juga dan repot menggunakan cara manual diatas maka silahkan download dan apply regkey disini. bila ada peringatan berupa tanda seru hanya tinggal di klik yes saja.

  • NB : untuk pengguna user antivirus SMADAV kalian hanya perlu mengklik kanan icon tray smadav di pojok kanan bawah (jika tidak ada expand menu arah) lalu pilih Allow Windows Script & Macro (Forever) * enable selamanya* / (until Restart) *sampai desktop kalian direstart* .
  • Jika kalian ingin mendisable kembali cukup dengan merubah value dari 1 ke 0 (bisa kalian edit regedit files dengan notepad yang kalian telah download)

#Tested in windows 10 build 1607 10.14393.105 (64-bit).
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Deks Writer
admin
August 13, 2017 at 10:52 AM ×

terima kasih untuk informasinya min,, my problem is solve now

Reply
avatar
August 13, 2017 at 2:35 PM ×

Ane pernah sih kek gini. Btw thanks gan, nambah ilmu

Reply
avatar
August 13, 2017 at 2:45 PM ×

Sangat membantu banget... Terima kasih banyak

Reply
avatar
Thanks for your comment