Cara mengatasi “BOOTMGR is missing”

Salah satu malapetaka yang baru kita alami ada kegagalan booting Windows 7,8,10 dan disambut pesan “BOOTMGR is missing”. Wah… hari gini bukannya santai malah menambah pekerjaan. Terpaksa kita mencoba memperbaikinya supaya bisa menggunakan komputer untuk bermain game, anda bisa ikut mencobanya cara untuk mengatasinya.
Pesan lengkap error Windows ini adalah:






Dan… walaupun anda menekan kombinasi tombol diatas maka komputer hanya merestart dan kembali muncul pesan error ini. Kapan beresnya ini.

Peringatan BOOTMGR is Missing ini disebabkan karena disaat komputer menjalankan proses booting tetapi tidak bisa menemukan BOOTMGR yang digunakan OS untuk menjalankan komputer. Masalah ini tentunya akan mengakibatkan OS tidak akan berjalan dan akan selalu muncul peringatan BOOTMGR is Missing Press Ctrl Alt Del to restart dan seterusnya akan muncul peringatan yang sama. Apakah saya harus menginstall ulang OS saya? Nah cara yang akan saya share kali ini adalah cara memperbaiki BOOTMGR is Missing tanpa harus menghinstall ulang. Sehingga akan menghemat waktu sekaligus mengamankan data dan juga program yang sudah terinstall. Langsung saja simak pembahasan cara memperbaiki BOOTMGR is missing tanpa harus install ulang. Persiapan :

  1. Boothable (Bisa berupa flash atau DVD Boothable OS yang digunakan untuk menginstall OS sebelumnya)
  2. Cek dulu socket Hardisknya, siapa tau hanya debabkan kurang kencangnya socket pada gardisk menuju mainboard.
  3. Cek di bios, apakah hardisk sudah terdetect atau belum.

Nah, kalau memang kabel tidak ada masalah dan hardisk sudah terdetect dan kasusnya tetap sama, ikuti langkah dibawah :

  1. Ketika muncul peringatan BOOTMGR is Missing Press Ctrl Alt Del to restart, masukkan DVD Boothable OS kemudian seting Drive boothable sebagai 1st / primary drive (setintingnya di bios ya) restart dan biarkan DVD booting dengan sendirinya.
  2. Klik yang repair computer
  3. kemudian pilih cancel supaya muncul tampilan commad promp, system restore, memory diagnostic dan lain-lain.
  4. Klik saja yang command promp
  5. Kemudian buka Drive DVD (Boothable sobat) apabila di drive F: maka ketikan F: kemudian tekan enter.
  6. Selanjutnya, copy file bootmgr yang ada di drive tersebut ke tempat dimana OS diinstall ketikan sajacopy bootmgr c: kemudian tekan enter.
  7. setelah proses copy selesai ketikan exit kemudian tekan enter.
  8. Restart PC / Laptop sobat kemudian pilih start windows normally.

Nah, alhasil komputer sudah terbebas dari peringatan BOOTMGR is Missing dan OS pun berjalan kembali dengan normal. Sekian pembahasan tentang mengatasi BOOTMGR is Missing dari saya, semoga bermanfaat. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment